SERBA-SERBI TEPUNG ROTI | ayo-masak.com


Memang, sih, remah roti alias tepung roti yang sudah jadi, bisa dibeli. Tapi, kalau bisa membuat sendiri, kenapa tidak dicoba? Asal punya food processor dan sisa roti, tidak sulit membuatnya.

Caranya, pisahkan lapisan kulit roti yang berwarna cokelat dari bagian tengahnya yang berwarna putih, kemudian potong kotak-kotak kecil. Masukkan potongan-potongan roti ini ke dalam mangkuk food processor lalu proseslah sampai benar-benar terpotong halus.

Begitu remah roti selesai dibuat, segera masukkan ke dalam kantung palstik bersegel. Tempeli label berisi tanggal pembuatan dan remah roti beku ini akan bertahan lebih dari 3 bulan bila dimasukkan ke dalam freezer. Bila ingin digunakan, tinggal memindahkannya ke rak kulkas.

Kreasi Remah Roti
Remah roti buatan Anda bisa dikreasikan menjadi berbagai sajian lezat. Cobalah resep berikut:

* Tambahkan bumbu-bumbu dasar, seperti cabai, paprika atau lada untuk menambah citarasa tepung gandum.

* Sedikit parutan keju, seperti parmesan atau cheddar, merupakan kombinasi sempurna bagi remah roti yang baru dibuat ataupun yang sudah dikeringkan.

* Ke dalam adonan tepung roti, tambahkan bahan lain yang memberi aroma, seperti buah zaitun warna hitam atau hijau yang sudah dicincang halus, tomat kering, jenis kacang-kacangan yang telah dicincang halus.

* Boleh juga menambahkan sayuran segar yang sudah diiris halus, seperti seledri, rosemary, thyme, oregano, sage dan dill. Tak ada salahnya pula menggunakan sayuran kering.

* Tambahkan parutan halus kulit lemon, jeruk, atau jeruk limau ke dalam campuran remah roti. Sebagai panduan, kulit lemon cocok sekali jika dipertemukan dengan daging kerbau atau anak lembu. Sedangkan kulit jeruk limau cocok bila ditambahkan ke sajian ayam atau seafood.

*Sebagai pengganti remah/tepung roti, Anda bisa melapisi makanan dengan materi sejenis lainnya, seperti havermouth, tepung cornflake, remah keripik kentang, atau polenta (corn meal).

Sumber: Tabloid Nova

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment