TIP MENGGORENG IKAN


Cara terbaik menggoreng ikan kecil utuh atau ikan bungkus tepung adalah dengan minyak banyak dan panas sampai ikan terendam. Untuk menghindari ikan melekat di wajan, panaskan wajan sampai cukup panas, baru tuangkan minyak. Minyak harus cukup panas agar ikan tidak terlalu berminyak. Gunakan api sedang, agar kulit ikan tidak gosong lebih dulu. Balik ikan satu kali setelah kulitnya mulai mengering. Ikan selar, ekor kuning atau belanak cocok dimasak dengan cara ini.

Menggoreng ikan agar tidak hancur, masukkan terlebih dulu sedikit garam ke dalam wajan, tuangi minvak, aduk-aduk agar garam merata, lalu didihkan minyak. Setelah mcndidih, masukkan ikannya. Bisa juga, bungkus ikan (terutama ikan peda yang mudah hancur) dengan daun pisang atau kertas aluminium terlebih dulu sebelum digoreng.

Agar ikan asin lebih gurih, rendam dulu ikan asin dalam air bekas cucian beras selama sepuluh menit. Lalu goreng dengan api sedang (tidak terlalu panas). Agar ikan mas gurih, rendam ikan sebelum disiangi dalam air hangat sampai air menjadi dingin. Setelah itu boleh digoreng atau dipepes, atau dimasak lainnya.

Cara lain memperoleh ikan goreng garing renyah, setelah ikan setengah matang, angkat dan tiriskan. Lanjutkan dengan memanggang dalam oven dengan api sedang supaya ikan garing hingga ke dalam.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment